Minggu, 21 Januari 2018
Nama dan Logo Majlis Ta'lim Al-Quran Kanzurrahmah
MAJLIS AL-QURAN KANZURRAHMAH
Dasar Pembuatan
Berdasarkan hasil rapat tim formatur yang dibentuk oleh pengurus Majlis Al-Quran Kanzurrahmah pada tanggal 25 Nopember 2005, maka berdirilah Majlis Al-Quran di Kp. Pulo, Kota Depok, Jawa Barat dalam naungan Masjid Al-Barkah dengan nama Majlis Al-Quran Kanzurrahmah yang kemudian pada tahun 2007 seiring dengan berubahnya formasi jamaah dari gabungan pemuda dan orang tua menjadi jamaah orang tua saja, maka berubah pula formasinya menjadi Majlis Al-Quran Kanzurrahmah seperti sekarang ini dengan fungsi sebagai:
Berdasarkan hasil rapat tim formatur yang dibentuk oleh pengurus Majlis Al-Quran Kanzurrahmah pada tanggal 25 Nopember 2005, maka berdirilah Majlis Al-Quran di Kp. Pulo, Kota Depok, Jawa Barat dalam naungan Masjid Al-Barkah dengan nama Majlis Al-Quran Kanzurrahmah yang kemudian pada tahun 2007 seiring dengan berubahnya formasi jamaah dari gabungan pemuda dan orang tua menjadi jamaah orang tua saja, maka berubah pula formasinya menjadi Majlis Al-Quran Kanzurrahmah seperti sekarang ini dengan fungsi sebagai:
1.
Majlis ta’lim dan tahsin yang
menyelenggarakan kegiatan-kegiatan keislaman dan menyemarakkannya,
seperti pembelajaran Al-Quran dan kitab-kitab fiqih dan lainnya, zikir tahlil dan pembacaan
maulid nabi (rawi).
2.
Melakukan perjalanan spiritual (ziarah
kubur) ke makam-makam waliyullah.
Filosofi Bentuk
Lambang Majlis Al-Quran Kanzurrahmah dibuat dalam bentuk absolut (absolute form). Filosofi bentuk absolut adalah bahwa Majlis Al-Quran Kanzurrahmah senantiasa berdiri kokoh pada Al-Haq (kebenaran) yang berjuang dan berkembang berdasarkan Al-Haq tersebut.
Lambang Majlis Al-Quran Kanzurrahmah dibuat dalam bentuk absolut (absolute form). Filosofi bentuk absolut adalah bahwa Majlis Al-Quran Kanzurrahmah senantiasa berdiri kokoh pada Al-Haq (kebenaran) yang berjuang dan berkembang berdasarkan Al-Haq tersebut.
Arti Bentuk-bentuk
1.
Lingkaran sebagai bentuk absolut
mengandung arti bahwa Majlis Al-Quran Kanzurrahmah dalam menjalankan
tugas dan fungsinya bertekad bulat dan selalu menggelinding melahirkan insan
Muslim yang berakhlak Islami dan profesional sepanjang masa berdasarkan
Al-Qur’an dan As-Sunnah.
2.
Lingkaran kedua di dalamnya berisi
sebagai bentuk istiqomah mengandung arti bahwa Majlis Al-Quran Kanzurrahmah sebagai majlis yang lingkaran tidak memiliki awalan dan tidak memiliki
akhiran, dan mewakilkan kekekalan berlandaskan azaz Islam dan akhlakul karimah.
3.
Lingkaran ketiga di dalamnya memberikan
rasa hangat, menenangkan dan memberikan rasa cinta. Pergerakannya memberikan
energi dan kekuatan. Kelengkapannya menunjukkan ketakterbatasan, kesatuan dan
harmoni.
4.
Tulisan Arab yang bertuliskan Kanzur
Rahmah menunjukkan kedudukan Majlis Al-Quran Kanzurrahmah yang selalu
mengutamakan nilai-nilai Al-Quran melalui pembacaan (tahsin) dan pengkajian.
5.
Lambang Al-Quran di dalam lingkaran,
melambangkan bahwa Majlis Al-Quran Kanzurrahmah sebagai wadah
pendidikan dan pembinaan Islam bagi jamaahnya berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah.
6.
Dua bintang di kiri dan kanan
melambangkan cita-cita luhur Majlis Al-Quran Kanzurrahmah yang tinggi
dalam berjihad fisabilillah untuk menegakkan Dinul Islam di muka bumi.
Arti
Warna
Biru laut mengandung arti keluasan, kedalaman ilmu dan wawasan tempat dimana jamaah di dalamnya menggali dan menimba ilmu Al-Quran dan keislaman sebagai modal setiap insan dalam mengarungi kehidupan di dunia ini.
Biru laut mengandung arti keluasan, kedalaman ilmu dan wawasan tempat dimana jamaah di dalamnya menggali dan menimba ilmu Al-Quran dan keislaman sebagai modal setiap insan dalam mengarungi kehidupan di dunia ini.
Putih mengandung arti kesucian, kebersihan, ketulusan niat dan keluhuran akhlak di dalam menjalankan aktifitas majlis yang diemban oleh seluruh jamaah demi tegaknya Islam di Bumi Allah ini.
Hijau
mengandung arti seperti yang diungkapkan di dalam Al-Quran oleh Maksud ayat, “Penduduk
Syurga itu (bersenang-senang) di dalamnya dengan) berbaring di atas
(bantal-bantal) dan cadar-cadar yang HIJAU warnanya serta permaidani-permaidani
yang sangat indah.” (Surah Ar-Rahman : Ayat 76)
Maksud
ayat, “Mereka di dalam Syurga memakai pakaian HIJAU yang diperbuat dari sutera
halus dan sutera tebal (yang bertekat), serta mereka dihiasi dengan
gelang-gelang tangan dari perak dan mereka diberi minum oleh Tuhan mereka
dengan sejenis minuman ( yang lain) yang bersih suci.” (Surah Al-Insan : Ayat
21)
Maksud
ayat, ” Mereka (Ahli syurga) mengenakan pakaian sutra halus yang HIJAU dan
sutra tebal. (Surah Al-Kahf : Ayat 31)
Annas bin Malik mengatakan, "Warna
yang paling disuka oleh Rasulullah SAW adalah Hijau."
Imam Al-Ghazali dalam Ihya' Ulumuddin
berkata, "Yang amat disukai oleh Nabi SAW ialah warna putih."
Ibnu Hajar dalam Tanbih Al-Akhbar
mengatakan, "Pada hari raya kami disuruh memakai pakaian berwarna hijau
karena warna hijau lebih utama. Adapaun warna hijau adalah afdhal daripada
warna lainnya, sesudah putih."
Kuning mengandung arti kelembutan,
kehangatan dan kebahagiaan, optimis, semangat dan ceria, dapat merangsang
aktivitas pikiran dan mental. Aura yang terdapat pada warna kuning sangat
baik digunakan untuk membantu penalaran secara logis dan analitis. Oleh karena
itu, individu penyuka warna kuning cenderung lebih bijaksana dan cerdas dari
sisi akademis, sehingga mereka lebih kreatif.
Tulisan
1.
Tulisan Majlis Al-Quran adalah jenis majlis
ini dan Kanzurrahmah merupakan nama majlis tahsin yang berarti gudangnya Rahmah (kasih-sayang).
Kota Depok adalah lokasi di mana majlis ini berada.
0 komentar :
Posting Komentar